Kamis, 08 Oktober 2015

Lima Kualitas Pribadi yang Paling Disukai

Sumber Gambar : Google



Kali ini saya ingin berbagi apa yang saya peroleh dari buku "Super Great Memory" yang telah saya baca. Buku yang saya pun lupa asal-usulnya, dipinjam dari siapa atau siapa pengarangnya. Yang jelas buku ini berhasil menjadi top list di deretan buku-buku yang saya suka. Meskipun tidak bisa me-review penuh isi buku tersebut, ada part yang paling disukai, bagian tulisan yang mengajarkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga sharing ini bermanfaat.

Dari sekian banyak sikap manusia, dalam buku ini digambarkan ada beberapa sikap yang menjadi “Top 5” yang menjadi kualitas pribadi seseorang paling disukai oleh orang lain. Apa aja yang termasuk lima besar itu?!

HmMm… Berikut penjabarannya versi suka-suka saya …. ckckk...

Pertama, Ketulusan

Ketulusan menempati peringkat pertama sebagai sifat yang paling disukai oleh semua orang. Ketulusan membuat orang merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ngada, pura-pura, mencari-cari alasan, atau memutarbalikkan fakta, intinya seorang yang tulus senantiasana bebicara jujur. Prinsipnya ”Ya di atas Ya dan Tidak di atas Tidak”. Tentu akan lebih ideal lagi jika ketulusan yang selembut merpati itu diimbangi dengan kecerdikan seekor ular. Dengan begitu, ketulusan tidak menjadi keluguan yang bisa merugikan diri sendiri.

Kedua, Kerendahan Hati

Berbeda dengan rendah diri yang merupakan kelemahan, kerendahhatian justru mengungkapkan kekuatan. Hanya orang-orang yang berjiwa besar yang bersikap rendah hati. Ia bagaikan padi yang semakin berisi semakin merunduk. Orang yang rendah hati biasa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Ia biasa membuat orang di atasnya menjadi lebih percaya diri dan membuat orang di bawahnya menjadi tidak kehilangan kepercayadirian mereka atau tidak minder terhadap dirinya.

Ketiga, Kesetiaan

Sekarang, kesetiaan sudah menjadi barang langka dan sangat tinggi harganya. Orang yang setia selalu dipercaya dan diandalkan. Dia selalu menepati janji, punya komitmen yang kuat, rela berkorban, dan Tidak Suka Berkhianat.

Keempat, Positive Thinking

Orang yang bersikap positif selalu berusaha melihat sesuatu dari kaca mata positif, bahkan dalam situasi yang buruk sekalipun. Dia lebih suka berbicara kebaikan dari pada keburukan orang lain, lebih suka berbicara tentang harapan dari pada keputusasaan, lebih suka mencari solusi dari pada frustasi, lebih suka memuji dari pada mengecam, dan sebagainya deh.

Kelima, Keceriaan

Tidak semua orang yang dikaruniai tempramen ceria. Keceriaan di sini, tidak harus diartikan sebagai ekspresi dari wajah dan tubuh, tapi sikap hati. Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh, dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain. 

Sekarang sudahkah teman-teman memiliki kelima sikap itu? Atau pernahkah kalian menemukan orang lain yang seperti itu? Wah...wah...wah... kayaknya zaman sekarang udah jarang orang yang memiliki sikap Top 5 itu, kalau pun ada mungkin akan jadi limited edition, hehe.... 

Nah menurut kamu 5 kualitas pribadi apa yang kamu paling kamu sukai??! Boleh dong sharing di kolom komentar 



13 komentar:

  1. ada tambahan lagi ,kedermawanan. Ini yang sangat diperlukan saat teman dalam kesusahan finansial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya... kalo sudah soal uang kelihatan mana "sekadar" teman dan mana yang "benar-benar" teman.

      Hapus
  2. Kalau saya lebih suka ke sifat kejujuran, karena jujur awal dari sebuah kesuksesan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. seorang yang tulus senantiasana bebicara jujur :)

      Hapus
  3. Positif Thinking, perlu sekali itu. dengan positif thinking segala hal akan berjalan lancar dan mudah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalo negatif thinking, apapun buruk aja jadinya....

      Hapus
  4. Balasan
    1. Iya... asal senyum pada tempatnya ya :-d

      Hapus
  5. Dan semua itu kadang tak bisa dilihat secara kasat mata. Kalau quote saya "Yang terlihat tak slalu nyata".

    Kadang kita udah tulus tapi orang lain melihanya kita ada pamrih, dll :D #ManusiaNggakAdaYangSempurna

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Yang terlihat tak selalu nyata" #like

      Yups... ga ada yang sempurna, tapi berusaha sempurna boleh dong (o)
      Eh... kita tulus, orang mikir pamrih, brarti ga positive thinking tu orang... hehe...

      Hapus
  6. Ketulusan dan keceriaan adalah kotak yg selalu saya rindukan...
    Smga bisa menjadi pribadi yg cantik seperti point diatas...

    BalasHapus

Komentar kalian motivasi menulis saya. Terima kasih atas komentarnya :)